Kegunaan Kiprok Pada Motor

Kiprok motor kelistrikan AC dan kiprok motor kelistrikan DC

Ninja150ss – Hai mas vroh… Kegunaan kiprok pada motor adalah sebagai penyetabil arus dan tegangan yang dihasilkan oleh spul sebelum diteruskan menuju ke aki serta lampu. Fungsi lainnya yaitu sebagai pengubah arus AC (hasil dari spul) menjadi DC sebelum menuju ke aki.

Kiprok yang mempunyai nama lain regulator (bukan regulator gas lho ya!) atau retrifier ada 2 tipe yaitu kiprok AC dan kiprok DC, terus bedanya apa mas vroh? Bisa dilihat dari foto di atas (itu saya jepret sendiri bukan nyomot dari gugel) mau tau perbedaannya? Kenek kuli mbatu ini akan coba sedikit menjelaskan sepengetahuan saya, jadi kalau ada yang kurang, silakan ditambahi atau dikoreksi apabila ada yang salah.

Soket kiprok kelistrikan AC dan kelistrikan DC

Kiprok AC bentuknya lebih kecil dan soket atau colokan nya ada 4, tiap soket mempunyai fungsi dan jalur jadi harus benar apabila memasangnya, kalau salah nyolokin jalurnya bisa berakibat fatal, kiprok bisa rusak atau bahkan terjadi konsleting, serem kan? 😯 sebagai ciri untuk mengetahui kelistrikan motor AC cukup mudah, jika lampu utama baru mau nyala disaat mesin motor hidup berarti motor tersebut kelistrikannya menganut sistem AC dengan catatan posisi saklar lampu utama ON (kecuali AHO, gak ada saklar lampu nya 😆 ) ciri yang lain yaitu nyala lampu mengikuti putaran spul, maksudnya adalah jika dalam keadaan idle atau langsam cahaya lampu tidak stabil manteng alias redup terang dan apabila di gas baru mau stabil terang 😀 . Contoh motor yang menggunakan kelistrikan AC kebanyakan motor karbu seperti bebek, matik, untuk sport tidak semua AC.

Kiprok kelistrikan DC

Kiprok DC bentuknya lebih besar dari kiprok AC hampir 2x nya, memiliki 5 soket, 2 soketnya khusus untuk jalur suplai listrik dari spul. Kiprok ini lebih besar karena kinerjanya juga lebih dibanding kiprok AC sebab motor dengan kelistrikan DC, kerja aki ketambahan untuk menyuplai arus listrik ke lampu utama jadi aki harus mendapatkan asupan arus listrik yang lebih dari spul supaya tidak tekor atau cepet rusak. Ciri motor dengan kelistrikan DC yaitu begitu kontak ON lampu utama akan menyala tanpa menghidupkan mesin karena kelistrikan DC sumber listriknya langsung mengambil dari aki dan contohnya adalah motor-motor sekarang yang sudah injeksi, beberapa motor karbu ada juga yang sudah DC seperti tiger dan megapro.
Untuk mengetahui bahwa sebuah kiprok masih normal atau tidak, harus menggunakan alat voltmeter karena secara kasat mata kita tidak akan bisa tau soalnya kan elektronis atau bisa dilihat dari tanda-tanda lampu motor nyalanya tidak stabil, cepat mati, aki soak dan pas digeber seperti brebet-brebet. Nah itulah sekilas coretan saya tentang kegunaan kiprok pada motor, semoga bisa berguna bagi kita semua, apabila ada kesalahan mohon dikoreksi dan jika ada kekurangan silakan ditambahi 😀 .

● air radiator kawasaki ninja 150

● Cara inrayen sepeda motor baru yang benar

● review pemakaian oli sesat selama ini

● air radiator ninja 150

● kelemahan ninja 150

● kelebihan kawasaki ninja 150

● kekurangan ninja 150

● mengatasi super kips macet

● oli untuk kawasaki ninja 150

● Mengatasi ninja 150 overheat

● Fungsi kopling atau clutch

● Kegunaan kiprok pada motor

Salam foging pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul :mrgreen:

Advertisements

34 Replies to “Kegunaan Kiprok Pada Motor”

      1. Hehhe dwe pengalaman di akali bengkel.. kiprok shogun ku mati benhkel onone stock supra di pasang tapi di balik jare aman ga popo.. jarak 2 minggu konslet kabel body rantas kebakar tkan ngarep hehhehe.. wedus nan kok

      2. Ngoahahahaha……kn wis tak tulis kang, resiko salah nyambung jalur ning artikel, bengkele abal2 kui.
        Nek sing iso tenanan yo gk bakal konslet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s