Oli Untuk Kawasaki Ninja 150

image

Kawasaki genuine oil

Ninja150ss – Hai mas vroh sekalian, kali ini saya ingin sekedar curcol aja tentang oli kawasaki ninja 150. Yap bukan dari katanya, kata orang, kata teman atau sekate-kate ..ups πŸ™‚ tapi beneran nyoba sendiri jadi biar afdol istilahnya.

image

Kawasaki genuine oil 2t

Ninin foging pistun, saya pinang gress dari dealer diantar ke rumah bulan desember akhir 2013, tapi plat nopol nya ikut januari, mungkin karena sudah mefet dengan libur akhir tahun. Dari awal saya cukup memakai oli standart pabrikan, Kawasaki Genuine Oil, baik untuk oli mesin dan oli samping. Yah maklum belum kepikiran untuk berpindah haluan, lagi pula waktu di semarang ninin foging pistun saya juga jarang dipake, seminggu cuma keluar kandang 1-2 x saja :mrgreen: . Waktu itu karena harga KGO masih relatif terjangkau tapi setelah saya mbolang eh ngarit ke barat untuk mencari sesuap nasi harga KGO naik signifikan, wah harus cari akal nih, meng cost reduction tapi tidak mengurangi kualitasnya 😎

image

Oli substitusi KGO

Nah diputuskanlah untuk membeli oli samping brand dari idemitsu , kenapa memilih merk ini? Alasanya disamping merk ini yang menyuplai untuk KGO dan lebih miring mas bray harganya. Kenapa gak make Motul? Merk terkenal loh..  (maklum cuma anak kos&masih baru jadi ya pengen ngirit πŸ˜† )
Sebenarnya banyak pilihan oli samping untuk motor 2stroke, dari castrol, motul, shell, repsol, pertamina, orange,dll. cuman masalahnya kurang sreg aja sih. Gimana impresinya make idemitsu? Saya rasa biasa aja, gak nambah ini lah, itu lah kepada performa motor (lha wong podo bae sama KGO, cuman beda warna doank :mrgreen: )
Oiya untuk masalah harga nih KGO sekarang di bandrol oleh dealer kaoskaki seharga +/- 75rb untuk ukuran 1liter dan untuk idemitsu dengan ukuran 800ml dibandrol bengkel2 yang jual 50rb saja (ini relatif, kadang tiap bengkel tidak sama).

image

Tampak belakang

Sekarang lanjut ke oli mesin untuk kaoskaki ninja 150, awalnya saya tetap sama memakai KGO dari ganti oli 500km, 1500km dan 3000km (tapi saya gantinya dibawah km anjuran bukman semua πŸ˜† ) alasanya ya aturan di bukman kan maksimal segitu dan daripada kelupaan πŸ˜€
Gram2 nya banyak mas bray, gosong sih enggak ya karena oli 2stroke kan tidak naek ke head cylinder seperti oli 4stroke, cuman jadi keruh seperti minuman dawet (ngerti ora son?), setelah diperhatikan memang bener itu gram2 hasil gesekan part di dalam mesin (byuh…rapet tenan jebule kaoskaki ncen ora ngapusi). Kan katanya orang2 yang pinter kalau motor sekarang tuh gak usah pake inreyen2 segala,karena semua part sudah presisi, jarene sih ngunu kang. Tapi berhubung motor saya motor jadul yo tetep inreyen ae lah :mrgreen:

image

KGO pabrikan

Bulan februari lalu saya putuskan untuk mencekoki ninin foging pistun saya dengan oli sesat , yup karena apa? Yang pertama sih tentu lagi2 karena harga, KGO naik lagi dari terakhir beli di semarang kalau tidak salah 45rb terus naik 50rb dan naik lagi entah jadi berapa, lupa πŸ˜†
Akhirnya saya putuskan dan yakin mau pake oli sesat , apakah oli sesat itu? Gampangane oli seng nyleneh, bukan peruntukanya dan pabrikan tidak pernah menyarankan penggunaanya 😯
Berdasarkan dari sekedar omongan2 teman yaudah nyobain aja deh, apa salahnya? Walaupun ada yang bilang “ntar selip kopling kalau kpanasan mesinnya, gw dah pernah loh” , tidak menyurutkan tekad saya hahahaha…..
Pilihan saya jatuh ke oli diesel merk fastron dari pertamina seharga 68rb di SPBU.
Byuuh.. edan sampean lek, motor bensin koq dicekoki oli diesel, nek rompal pie? Lha emange truk gandeng? Jiiann guendeng sampean ki… mungkin itu yang dipikiran teman saya dan hasilnya mari kita buktikan.

image

Fastron diesel

Tepat waktu itu malam minggu, kalau tidak salah sehabis acara kopdar, om Eno blogger kondang berambut gondrong ini menginap di rumah mang maung menemani saya untuk sekedar ngobrol ngalor ngidul πŸ˜† dan beliau ngajak keluar karena pengen melihat situasi sekitar kota kecil purwakarta ini. Yasudah kita cuss keluar cari angin, waladalah begitu ramainya memasuki kota purwakarta, motor bejubel saking banyaknya, apalagi jalannya gak begitu lebar, alhasil terkenalah macet.
Selama muter2 gak jelas menyusuri kota purwakarta, foging pistun mulai naik bar indikator panas mesin nya dan yang paling parah pas tepat ditengah kota kejebak macet stug lumayan juga waktunya, nyooss rasane panas, pengap, empet2an sama motor lain. Bar indikator tepat persis ditengah, beberapa saat kemudian masih dalam keadaan stug mesin tetap menyala bar indikator panas mesin tidak naik lagi alias tetap setengah (hhmm….sudah kuduga).

image

Nah iki oli sesat πŸ˜†

Saya menunjukan kepada om Eno kondisi di spido, saya bilang “om2 koq gak overheat yah kayak berita di blog itu yang katanya ninin 150r kena macet overheat?” Om eno cuma senyum, setelah lepas dari keadaan stug tadi saya ngomong, “nih om cobain deh sampean yang di depan, ada gejala slip kopling gak?” (Ngalibi saya, padahal tangan dah kesemutan bingit karena macet parah tadi :mrgreen: )
Setelah sampai di rumah mang maung saya mencoba tanya gimana om tadi? Dijawab, “enggak ada gejala slip kopling koq”.
Woogghh…njuoozzz guanduoozz berarti, tes sudah dilakukan dan tidak ada keluhan dalam hati saya, senangnya. Kalau mas bray gak percaya boleh koq nanya sama om Eno langsung. :mrgreen:

image

Kopdar di juragan iwak

Saya kurang puas dengan hasil tes macet di purwakarta, eh kebetulan pas ada acara test ride beat pop saya diajak oleh Mangketu D’gujubar , karena saya bener2 belum pernah ke pulau jakarta naek motor, maka saya nekad bawa foging pistun kesana (rumahnya aja belum tau jeh, wes pokoke mbolang ae lah). Wuiihh ajib tenan nih,,,memasuki planet bekasi aja macetnya udah gak karuan, wes mumet lah apalagi begitu memasuki kalimalang, jian bikernya nyleneh2, sembalap kabeh rek, slonong boy, sruntulers, alay, pokoke komplit lah… saya aja ampe keder sendiri (wes lah alon2 bae, ora usah pecicilan) :mrgreen:
Nah ketemu titik yang macetnya nauzdubillah, tepatnya dimana ada pengerukan sungai oleh escavator dan pemancangan tiang paku bumi. Macet, panas, gerah, capek, pegel jadi satu, pokoke iso sutris tenan wes nek wong kampung seperti saya ini ke jakarta naik motor 😯

Ajaibnya dengan keadaan seperti tadi tidak ada gejala slip kopling, tenaga ngeloss dan overheat. Jadi atas pengalaman saya ini dapat disimpulkan :
1. Oli sesat tidak membuat slip kopling, asal dengan pemilihan jenis yang tepat.
2. Ninin foging pistun saya tidak overheat terkena macet seperti itu, asal dirawat dan rajin cek kondisi.
3. Urusan bbm ojo takon, wes mesti boros keno macet koyok ngunu πŸ˜†

image

Serasi :mrgreen:

Dan akhir kata saya merasa puas memakai oli sesat, dimana coretan ini bukan bermaksud mempengaruhi mas bray sekalian untuk ikut2an karena setiap keputusan mengandung resiko. Jangan melakukan hal yang sekiranya masih ragu2.

Saya juga menulis hasil pemakaian oli sesat, silakan di klik :

review pemakaian oli sesat selama ini

Alasan memiliki foging pistun adalah karena saya menginginkanya, saya beli karena saya suka.

image

My beib πŸ˜€

salam foging pistun teknologi jadul bin ngebul tapi tidak ngibul :mrgreen:

● Cara inrayen sepeda motor baru yang benar

● review pemakaian oli sesat selama ini

● berbenahlah sebelum terlambat

● tips jepret spyshoot di jalan dan ridernya tidak terima

● air radiator ninja 150

● kelemahan ninja 150

● kelebihan kawasaki ninja 150

● kekurangan ninja 150

● mengatasi super kips macet

● oli untuk kawasaki ninja 150

● Parjo = Pasar Jongkok

● Review knalpot KDX exhaust concept

● Kegunaan kiprok pada motor

Advertisements

85 thoughts on “Oli Untuk Kawasaki Ninja 150

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s