
Ninja150ss – Hai mas vroh sekalian, kali ini saya ingin sekedar curcol aja tentang oli kawasaki ninja 150. Yap bukan dari katanya, kata orang, kata teman atau sekate-kate ..ups π tapi beneran nyoba sendiri jadi biar afdol istilahnya.

Ninin foging pistun, saya pinang gress dari dealer diantar ke rumah bulan desember akhir 2013, tapi plat nopol nya ikut januari, mungkin karena sudah mefet dengan libur akhir tahun. Dari awal saya cukup memakai oli standart pabrikan, Kawasaki Genuine Oil, baik untuk oli mesin dan oli samping. Yah maklum belum kepikiran untuk berpindah haluan, lagi pula waktu di semarang ninin foging pistun saya juga jarang dipake, seminggu cuma keluar kandang 1-2 x saja . Waktu itu karena harga KGO masih relatif terjangkau tapi setelah saya
mbolang eh ngarit ke barat untuk mencari sesuap nasi harga KGO naik signifikan, wah harus cari akal nih, meng cost reduction tapi tidak mengurangi kualitasnya π

Nah diputuskanlah untuk membeli oli samping brand dari idemitsu , kenapa memilih merk ini? Alasanya disamping merk ini yang menyuplai untuk KGO dan lebih miring mas bray harganya. Kenapa gak make Motul? Merk terkenal loh.. (maklum cuma anak kos&masih baru jadi ya pengen ngirit π )
Sebenarnya banyak pilihan oli samping untuk motor 2stroke, dari castrol, motul, shell, repsol, pertamina, orange,dll. cuman masalahnya kurang sreg aja sih. Gimana impresinya make idemitsu? Saya rasa biasa aja, gak nambah ini lah, itu lah kepada performa motor (lha wong podo bae sama KGO, cuman beda warna doank )
Oiya untuk masalah harga nih KGO sekarang di bandrol oleh dealer kaoskaki seharga +/- 75rb untuk ukuran 1liter dan untuk idemitsu dengan ukuran 800ml dibandrol bengkel2 yang jual 50rb saja (ini relatif, kadang tiap bengkel tidak sama).

Sekarang lanjut ke oli mesin untuk kaoskaki ninja 150, awalnya saya tetap sama memakai KGO dari ganti oli 500km, 1500km dan 3000km (tapi saya gantinya dibawah km anjuran bukman semua π ) alasanya ya aturan di bukman kan maksimal segitu dan daripada kelupaan π
Gram2 nya banyak mas bray, gosong sih enggak ya karena oli 2stroke kan tidak naek ke head cylinder seperti oli 4stroke, cuman jadi keruh seperti minuman dawet (ngerti ora son?), setelah diperhatikan memang bener itu gram2 hasil gesekan part di dalam mesin (byuh…rapet tenan jebule kaoskaki ncen ora ngapusi). Kan katanya orang2 yang pinter kalau motor sekarang tuh gak usah pake inreyen2 segala,karena semua part sudah presisi, jarene sih ngunu kang. Tapi berhubung motor saya motor jadul yo tetep inreyen ae lah

Bulan februari lalu saya putuskan untuk mencekoki ninin foging pistun saya dengan oli sesat , yup karena apa? Yang pertama sih tentu lagi2 karena harga, KGO naik lagi dari terakhir beli di semarang kalau tidak salah 45rb terus naik 50rb dan naik lagi entah jadi berapa, lupa π
Akhirnya saya putuskan dan yakin mau pake oli sesat , apakah oli sesat itu? Gampangane oli seng nyleneh, bukan peruntukanya dan pabrikan tidak pernah menyarankan penggunaanya π―
Berdasarkan dari sekedar omongan2 teman yaudah nyobain aja deh, apa salahnya? Walaupun ada yang bilang “ntar selip kopling kalau kpanasan mesinnya, gw dah pernah loh” , tidak menyurutkan tekad saya hahahaha…..
Pilihan saya jatuh ke oli diesel merk fastron dari pertamina seharga 68rb di SPBU.
Byuuh.. edan sampean lek, motor bensin koq dicekoki oli diesel, nek rompal pie? Lha emange truk gandeng? Jiiann guendeng sampean ki… mungkin itu yang dipikiran teman saya dan hasilnya mari kita buktikan.

Tepat waktu itu malam minggu, kalau tidak salah sehabis acara kopdar, om Eno blogger kondang berambut gondrong ini menginap di rumah mang maung menemani saya untuk sekedar ngobrol ngalor ngidul π dan beliau ngajak keluar karena pengen melihat situasi sekitar kota kecil purwakarta ini. Yasudah kita cuss keluar cari angin, waladalah begitu ramainya memasuki kota purwakarta, motor bejubel saking banyaknya, apalagi jalannya gak begitu lebar, alhasil terkenalah macet.
Selama muter2 gak jelas menyusuri kota purwakarta, foging pistun mulai naik bar indikator panas mesin nya dan yang paling parah pas tepat ditengah kota kejebak macet stug lumayan juga waktunya, nyooss rasane panas, pengap, empet2an sama motor lain. Bar indikator tepat persis ditengah, beberapa saat kemudian masih dalam keadaan stug mesin tetap menyala bar indikator panas mesin tidak naik lagi alias tetap setengah (hhmm….sudah kuduga).

Saya menunjukan kepada om Eno kondisi di spido, saya bilang “om2 koq gak overheat yah kayak berita di blog itu yang katanya ninin 150r kena macet overheat?” Om eno cuma senyum, setelah lepas dari keadaan stug tadi saya ngomong, “nih om cobain deh sampean yang di depan, ada gejala slip kopling gak?” (Ngalibi saya, padahal tangan dah kesemutan bingit karena macet parah tadi )
Setelah sampai di rumah mang maung saya mencoba tanya gimana om tadi? Dijawab, “enggak ada gejala slip kopling koq”.
Woogghh…njuoozzz guanduoozz berarti, tes sudah dilakukan dan tidak ada keluhan dalam hati saya, senangnya. Kalau mas bray gak percaya boleh koq nanya sama om Eno langsung.

Saya kurang puas dengan hasil tes macet di purwakarta, eh kebetulan pas ada acara test ride beat pop saya diajak oleh Mangketu D’gujubar , karena saya bener2 belum pernah ke pulau jakarta naek motor, maka saya nekad bawa foging pistun kesana (rumahnya aja belum tau jeh, wes pokoke mbolang ae lah). Wuiihh ajib tenan nih,,,memasuki planet bekasi aja macetnya udah gak karuan, wes mumet lah apalagi begitu memasuki kalimalang, jian bikernya nyleneh2, sembalap kabeh rek, slonong boy, sruntulers, alay, pokoke komplit lah… saya aja ampe keder sendiri (wes lah alon2 bae, ora usah pecicilan)
Nah ketemu titik yang macetnya nauzdubillah, tepatnya dimana ada pengerukan sungai oleh escavator dan pemancangan tiang paku bumi. Macet, panas, gerah, capek, pegel jadi satu, pokoke iso sutris tenan wes nek wong kampung seperti saya ini ke jakarta naik motor π―
Ajaibnya dengan keadaan seperti tadi tidak ada gejala slip kopling, tenaga ngeloss dan overheat. Jadi atas pengalaman saya ini dapat disimpulkan :
1. Oli sesat tidak membuat slip kopling, asal dengan pemilihan jenis yang tepat.
2. Ninin foging pistun saya tidak overheat terkena macet seperti itu, asal dirawat dan rajin cek kondisi.
3. Urusan bbm ojo takon, wes mesti boros keno macet koyok ngunu π

Dan akhir kata saya merasa puas memakai oli sesat, dimana coretan ini bukan bermaksud mempengaruhi mas bray sekalian untuk ikut2an karena setiap keputusan mengandung resiko. Jangan melakukan hal yang sekiranya masih ragu2.
Saya juga menulis hasil pemakaian oli sesat, silakan di klik :
review pemakaian oli sesat selama ini
Alasan memiliki foging pistun adalah karena saya menginginkanya, saya beli karena saya suka.

salam foging pistun teknologi jadul bin ngebul tapi tidak ngibul
β Cara inrayen sepeda motor baru yang benar
β review pemakaian oli sesat selama ini
β berbenahlah sebelum terlambat
β tips jepret spyshoot di jalan dan ridernya tidak terima
β kelebihan kawasaki ninja 150
β mengatasi super kips macet
β oli untuk kawasaki ninja 150
Mas oli mesin saya kok tidak kelihatan di Mesin, tapi oli samping full
Liat takaran nya lwt kaca pengintip di blok kanan mesin mas, posisikan mtr tegak lurus
Buy adobe premiere pro software – http://waygroupintranet.co.uk.gridhosted.co.uk/buy-adobe-premiere-pro-software
Buy windows 7 thin pc – http://waygroupintranet.co.uk.gridhosted.co.uk/buy-windows-7-thin-pc
Windows 7 32 bit license – http://waygroupintranet.co.uk.gridhosted.co.uk/windows-7-32-bit-license
Buy photoshop elements 13 uk – http://waygroupintranet.co.uk.gridhosted.co.uk/buy-photoshop-elements-13-uk
Microsoft office 2007 download – http://waygroupintranet.co.uk.gridhosted.co.uk/microsoft-office-2007-download
Purchase adobe suite for pc – http://waygroupintranet.co.uk.gridhosted.co.uk/purchase-adobe-suite-for-pc
Discount for microsoft office 2016 – http://waygroupintranet.co.uk.gridhosted.co.uk/discount-for-microsoft-office-2016
Adobe photoshop cs6 student mac – http://waygroupintranet.co.uk.gridhosted.co.uk/adobe-photoshop-cs6-student-mac
Microsoft office for military members 2011 – http://waygroupintranet.co.uk.gridhosted.co.uk/microsoft-office-for-military-members-2011
Buy windows xp – http://waygroupintranet.co.uk.gridhosted.co.uk/buy-windows-xp
Microsoft windows xp home edition sp3 – http://waygroupintranet.co.uk.gridhosted.co.uk/microsoft-windows-xp-home-edition-sp3
itu sudah biasa.. karna ninja 2 tak. tdk memakai kipas radiator… untk pendinginan radiator akan kecepatan tertntu..( dalam kecepatan 80 kpj) karna aakan menangkapa angin dri dppan.. pngalamn pribadi sih.. krna sya pake ninja rr 150 se.. motor akan dingin jika di geber…
Mas klu oli mesin ninja ss 2tak itu yg 800 apa 1ltr ya yg standar
Belinya yang 1 liter, tapi dimasukkannya sekitar 870ml atau sesuaikan dengan batas, bisa di intip melalui kaca pada bagian kanan blok mesin Ninja