Pentingnya Menjaga Sebuah Kepercayaan


Ninja150ss – Hai mas vroh…warung papan triplex ini baru nongol lagi coretannya, mohon dimaklumi karena saya ini cuma seorang kenek kuli mbatu yang nyambi jadi blohher otomtoif pinggiran dan tidak layak serta jauh bingit jika dibandingkan dengan blogger-blogger otomotif seperti teman-teman yang sering update artikel atau yang sering dapat undangan sebuah acara otomotif 😥

Coretan saya kali ini mengangkat tema yang sangat sederhana tetapi efeknya sangat luas bagi yang pernah mengalami. Emang kayak apa sih lék pentingnya menjaga sebuah kepercayaan? Bagi sampean yang sering berhubungan dengan orang banyak setiap hari nya pasti paham nilai sebuah kepercayaan, memang sih awalnya seperti enteng dan tidak sedikit juga orang yang menyepelekannya, tapi bagi saya sendiri hal tersebut tidak mudah karena apa? Dalam prinsip saya jika orang tidak percaya kepada saya, maka hal itu adalah bencana bagi saya sendiri. 
Saya juga tidak berani ngomong berlebih, membual atau berbohong jika sedang melakukan pembicaraan serius kepada orang lain, resikonya berat mas vroh karena setiap hari saya selalu bertemu dengan orang banyak dan berbeda, gimana bisa menjual barang-barang rongsok kalau orang tidak percaya kepada saya? Saya pun pernah mengalami ada seorang pembeli yang ngeluh karena barangnya koq rusak baru sebentar, setelah melakukan pengecekan dengan seksama, saya sanggupi untuk menggantinya, hal ini merupakan kewajiban saya sebagai penjual demi menjaga kepercayaan konsumen dan alhamdulillah jika seorang konsumen merasa puas maka tidak disuruh pun orang tersebut bisa membantu untuk mempromosikan kepada teman atau orang lain jika ingin membeli barang kepada saya apabila saya kebetulan punya barang seperti yang dibutuhkan orang tersebut.

Yah itu hanya sekilas info saja mas vroh karena saya juga nyambi menjadi tukang rongsok otomtoif, dari printilan kecil sampai printilan yang agak besar sedikit, yang penting sama-sama merasa puas dan tidak kecewa, itu sudah cukup bagi saya 😀 . Terus inti dari coretanmu itu apa to lék koq malah ngomong yang gak penting?

Saya hanya ingin sedikit membahas kejadian yang terjadi di industri otomotif sekarang, dimana sebenarnya ada cost down di produk-produk mereka yang orang awam belum paham. Sebenarnya semua sudah diperhitungkan secara terperinci oleh enginering tetapi yang namanya manusia tentu tidak bisa sempurna, diantara produk yang dijual ada yang mengalami masalah, bagi saya sih wajar dan bisa memaklumi yang terpenting ada tanggung jawab dari pihak produsen selaku pembuat barang tersebut, tentunya dengan menganalisa secara seksama dan netral. Sudah banyak banget koq kasusnya, dari mesin klotok-klotok, mesin gampang overheat, CVT bermasalah, mika headlamp meleleh, arm patah, spul dan soket terbakar, mesin ambrol, sunatan massal dan lain-lain.
Masih ingat kan dulu swing arm Honda Cb150R gen awal pernah di silent recall? Punya teman saya kebetulan juga terkena, lalu yang kemarin tentang swing arm Yamaha Xabre yang patah karena efek jalan pantura.

Tuh foto diatas saya ambil sebagai contoh cost down suatu part, sangat jelas terlihat kan perbedaannya? Di part motor yang lain pun akan sangat banyak jika ingin menggali part yang di cost down , matik pun juga ada karena saya kebetulan melihat sendiri pas bongkar-bongkar 😆

Lalu yang akan saya soroti bukanlah kerusakannya tetapi tanggung jawabnya, kalau tidak punya rasa tanggung jawab ya sudah biarkan saja, hal sepele koq. Tapi ingat hal sepele tersebut efeknya sangat riskan, orang-orang yang lain tentu akan punya rasa khawatir dan berpikir ulang jika ingin membeli produk tersebut, mending milih produk lain yang dirasa aman, nah tentu hal ini akan berpengaruh ke produk yang lainnya karena masih satu bendera kan? Kira-kira betul gak omongan saya? Lha terus tetangga yang itu produknya ada masalah koq masih laku juga? Nah itu, disitu perbedaannya, kalau mau mengamati tetangga satu itu sangat responsif jika ada keluhan dari konsumen, ah ngapusi, sok tau lu! Hehehe….terserah sampean mas vroh, orang saya sudah pernah ngetes sendiri koq, bantu komplain teman saya yang motornya bermasalah dan mereka bertanggung jawab, kejadiannya malah sudah beberapa tahun yang lalu, jadi saya gak sekedar hoax.

Dan sekarang kita bisa melihat antara yang ini dan yang itu, walaupun produk yang ini cost down nya ada, tetap aja masih laris dan yang itu semakin kurang laku. Semua itu tergantung bagaimana Anda menjaga kepercayaan konsumen Anda sendiri, barang siapa menanam suatu saat akan mengunduh buahnya.



Salam foging pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul :mrgreen:

Advertisements

3 thoughts on “Pentingnya Menjaga Sebuah Kepercayaan

  1. mengurangi kualitas demi cost down banyak pabrik melakukannya, yang menjadi penting juga adalah bagaimana reaksi pabrik ketika konsumen mengalami musibah dikarenakan pabrik salah hitung saat mengurangi durabilitas suatu komponen.

    di kasus tersebut, menurut saya yang paling tepat adalah yamaha melakukan recall untuk semua xabre,

    https://kupasmotor.wordpress.com/2017/04/09/yamaha-melakukan-recall-untuk-motor-naked-900-cc-karena-setang-bisa-selip/

  2. Pingback: Perlindungan konsumen kurang, konsumen rugi, pabrik jadi punya uang lebih untuk bikin acara bikers day atau safety riding | Mengupas soal motor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s