Mengatasi SUPER KIPS Macet

Ninja150ss – Mengatasi Super kips macet atau nyangkut gak mau balik posisinya? Jangan khawatir sob, mudah koq benerinya, mari kita mbengkel sendiri untuk mengatasi super kips macet. Siapkan peralatan kunci ring 10, kunci L 5, kunci ring 8, obeng minus dan amplas paling halus.

Copot karet pelindung Super KIPS

image
Karetnya dilepas dulu

Lalu lepas batang pemutar katup Super KIPS.
Buka putar ke kanan (Clockwise) pakai kunci
ring 10.

image
Putar searah jarum jam

Copot rumah Super KIPS. Lepas kedua baut
pengunci dengan kunci ring 10. Buka putar ke
kiri (Anti Clockwise).
Buka 3 biji baut samping yang ada tulisan superkips, lepas penutupnya (itu yang bentuknya segitiga) pakai kunci shock 8 ya, karena bautnya agak kedalam.

image
Putar berlawanan arah jarum jam

Sekarang sudah tampak mekanis Super KIPS.
Awas, buka murnya beda dengan baut
umumnya. Buka putar ke kanan (Clockwise) searah jarum jam.
Kencengin, putar ke kiri (Anti Clock Wise) berlawanan jarum jam.

image
Awas jgn kebalik šŸ˜†

Sekarang tampak gigi mekanis Super KIPS,
perhatikan bagian atas gigi mekanisnya, ada
titik. Saat dipasang nanti, titik ini kudu ada di
tengah 2 titik yang ada di gigi katup Super
KIPS.

image
Settingan std titik harus pas kalau masang lagi

Kini, katup penutup Super KIPS sudah
kelihatan. Lepas dua baut pengunci katup
pake kunci L 5.

image
Buka ke kiri, kencengin ke kanan

Mencabut katup mesti bantu
cungkil dengan obeng min. Posisi nyongkelnya
pilih yang gak ngerusak permukaannya, memang agak susah karena seret banyak kerak, bisa juga masukin kunci ring 8 ke batang katup super kips terus atasnya kasi baut 10 sebagai kuncian, nah ntar yang dicongkel gagang kunci ringnya sebagai pengungkit šŸ˜€

image
Batang katup bentuke kyk kie šŸ˜†

Nah kalau keduanya sudah bisa dilepas bakal seperti ini senampakanya

image
Tuh bolong plong šŸ˜€

Sekarang bersihkan pangkal batang dan daerah yang berkerak karena oli. Jika ada cairan
carburetor cleaner bisa disemprotkan dulu
agar kerak melunak. Kalo nggak ada, kikis aja
dengan ampelas yang paling halus agar gak mengikis besi katup dan lap dengan kain yang dah dibasahin bensin dikit.
Tuh liat aja foto diatas, bener2 mengerikan keraknya :mrgreen:

Nah kalau sudah bersih, jangan lupa kasi grease dulu itu batang sebelum dimasukan ke lubangnya, biar licin jadi ntar dia gak seret lagi. Masang semua komponen tadi berarti kebalikan dari nyopotnya.
Wes to,,,,pie kang angel ora? Ya kalau pertama kali bongkar sendiri pasti lama, tapi habis itu kan pengalaman, ngirit duit kebengkel, bisa untuk beli rokok atau kopi šŸ˜†

Salam foging pistun teknologi jadul bin ngebul tapi tidak ngibul :mrgreen:

Advertisements

27 Replies to “Mengatasi SUPER KIPS Macet”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s