Perbedaan Blok Silinder 1878 Dengan 1855 Pada Ninja 150

Ninja150ss – Perbedaan blok silinder 1878 dengan 1855 pada ninja 150| Hai mas vroh…. kali ini warung papan triplex akan membahas apa saja perbedaan kode blok silinder 1878 dengan 1855 sepengalaman saya pada kawasaki ninja 150, semoga pembahasan sederhana dari warung ini dapat menambah pengetahuan bagi kita semua, khususnya penggemar motor ngebul bin jadul šŸ˜€

Akibat ke isengan dan seringnya saya bermain jajanan atos (pritilan part.red) ninja 150 membuat saya mau tidak mau jadi sedikit paham tentang seluk beluk ninja 150 (lebay sitik :mrgreen: ) mengenai sejarah penggunaan kode blok silinder saya kurang tau tepatnya, jadi tidak usah disebutkan tahun nya saja, daripada salah malah berabe nanti šŸ˜†

Blok silinder 1878

Sepengetahuan saya untuk kode blok silinder 1878 itu dipakai oleh kawasaki ninja 150rr yang masih CBU alias import dan blok silinder ini memiliki ke unik kan tersendiri jika dibandingkan dengan blok silinder 1855 walaupun keduanya dari luar sangat mirip dan sudah mengaplikasikan katup superkips.

Blok silinder 1855

Mari kita bahas apa saja perbedaannya,

1. Packing head silinder 

Untuk blok 1878 packing ori nya besar dan berlapis 3, untuk packing blok 1855 ada 2 yaitu O ring merah dan O ring hitam. Silakan dilihat foto yang saya jepret langsung dibawah ini :

Packing silinder head 1878
Packing silinder head 1855

2. Piston atau Seher 

Piston blok 1878 memiliki lubang untuk tempat laher bambu/leces dan pen piston lebih besar ukuran nya jika dibandingkan dengan piston blok 1855, posisi tinggi ring piston juga berbeda (hanya terpaut beberapa mm) silakan dipelototi lagi jepretan amatir saya šŸ™‚

Piston blok 1878 dan blok 1855

3. Pen Piston dan Leces/laher bambu 

Ukuran leces blok 1878 kalau tidak salah 16 atau 17 ya? Lupa-lupa inget :mrgreen: nah kalau leces blok 1855 adalah 15

Pen piston dan leces blok 1855

4. Liner 

Walaupun sama-sama dibuat melalui teknik elektrofusion tapi menurut saya liner blok ninja 1878 memiliki daya tahan gesek lebih kuat jika dibandingkan dengan blok 1855, saya mengatakan demikian karena berdasarkan pengalaman saya pribadi membongkar dan melihat langsung kedua liner blok tersebut. Pada saat membongkar mesin ninja yang memiliki kode 1878, seher nya baret parah dan dalam, eh sewaktu saya amati liner blok nya hanya sedikit lecet halus alias pada saat diraba baret nya tidak terasa, tapi di blok 1855 kalau seher nya baret, liner nya akan baret juga. Saya sempat heran, kenapa ya? Hhmmm…. sepertinya teori tentang part lokal dan CKD yang pernah saya tulis sebelum nya apakah ada benar nya? šŸ˜Æ

Liner blok silinder

5. Stang piston atau stroke 

Stang piston blok 1878 memiliki lubang untuk leces yang lebih besar dibanding blok 1855. Jadi apabila motor bawaan anda memiliki kode blok 1855, jika diganti menggunakan blok 1878 maka anda harus mengganti stang seher, pen seher, leces dan seher atau piston nya. Begitu juga jika sebaliknya šŸ˜† 

Nah sepengetahuan saya itulah beberapa perbedaan yang mendasar antara blok silinder ninja 150 kode 1878 dengan 1855, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua, apabila ada tambahan silakan dicorat coret di kolom komentar.

Salam foging pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul :mrgreen:

ā— Review knalpot KDX Exhaust Concept

ā— air radiator kawasaki ninja 150

ā— Cara inrayen sepeda motor baru yang benar

ā— review pemakaian oli sesat selama ini

ā— tips jepret spyshoot di jalan dan ridernya tidak terima

ā— air radiator ninja 150

ā— kelemahan ninja 150

ā— kelebihan kawasaki ninja 150

ā— kekurangan ninja 150

ā— mengatasi super kips macet

ā— oli untuk kawasaki ninja 150

ā— Mengatasi ninja 150 overheat

ā— Fungsi kopling atau clutch

ā— Kegunaan kiprok pada motor

65 Replies to “Perbedaan Blok Silinder 1878 Dengan 1855 Pada Ninja 150”

      1. Bang besar mana diameter block liner 1878 dan block liner 1855..mohon infonua bang

  1. Mas mau tanya nih, klo blok ny msh bagus, apa bisa ganti piston sma ring ny aja, sura myr saya klo pelan kayak suara mesin parut kelapa apa y penyebab ny, saya buka stang ngk goyang, tapi piston ny mutung, tus baret2, tapi blok ngk ada baret

    1. Kemungkinan blok sudah longgar, Cb gnt piston setingkat diatasnya, sampean piston ukuran apa? Kn ada A,B,C,D.
      Kl gnt piston skalian sm ring, pen&leces nya, beli di diler nnt pst paham

  2. mas,,,, saya punya ninja second ,blok 1878 tapi di tempat lubang valve super kips nya tertanam boost besi,,, apakah blok ini sudah ada yg merubahnya,, dan apakah bisa di cabut dan dipasang mekanis super kips…. tolong bantuin donk….?

    1. Lubang yg samping pas bagian superkips kan? Itu aslinya berlubang, ditutup pk plastik steel oleh owner sblmnya utk matiin mekanisme skips, dibalikin ke semula jg bs,

  3. mau tanya,,stang piston ninja kok ada angka 1159-72,1159-73,1159-67,,,
    apakah sama ya,,,mau ganti takut salah,,,saya dapat ninja rusak parah,,tapi stang piston sdah hilang,,mohon pencerahannya,,,apakah sama saja kode diatas?
    thanks

    1. Itu cm skedar kode produksi aja om.
      Stang piston ninja itu cm ada 2, stang piston utk blok kode 1855 & blok kode 1878, bedanya cm di ukuran leces/laher bambu nya. Ke dealer aja bagian spare part, biar dijelasin detail.

  4. Mas saya mau nanya kan saya punya ninja thn 2001 , untuk ninja thn tua kan masih pakai kis yg kode nya 1827 , saya berniat untuk upgrade ke kips 1855 , nah yg saya tanyakan apa aja yg harus saya ganti mas ? Untuk stang piston apa perlu saya ganti jga ?dan kruk as nya apa perlu di ganti juga ? Dan dalaman superkips apa aja yg perlu saya beli ? Trima kasih sebelum nya

    1. Kalau mau hemat mendingan beli mesin Ninja superkips segelondong mas, lebih hemat dan tidak ribet. Kalau upgrade ya keluar uang tidak sedikit. Blok silinder nya saja sekarang sudah 2,5 juta blm mekanisme Superkips(ini juga mahal), piston, ring piston, paking blok bawah, O ring merah, O ring hitam, pen piston, leces. Untuk stang piston juga perlu diganti mas.

    2. Oiya kalau beli blok silinder superkips itu belum termasuk tutup segitiga pada bagian samping lho ya! Mas nya tau sendiri harga sparepart Kawasaki itu kayak apa? Hehehe

      1. Wah cari mesin ninja yg susah itu mas hahaha, bisa minta kontak nya mas ? Sama mau tanya” hehe

      2. Kl ada dana, apa sih yg gk bs dibeli mas? Di daerah sy msh bs dpt koq, hehehe.

        Bisa mas, silakan WA di no.ini 087.832.162.649

  5. Mas saya mau tanya . mtr saya ninja rr 2004 aga berisik di blok mesinnya kalo di lepas gas ada suara ter2 an agak risih sih dengernya . knapa yah apa nya yah mas ? Seher nya minta ganti gt sama ring nya ?

  6. Bang mau tanya nih ninja saya kan blok mesin nya 1855 tapi udh brisik dan ada yg jual 1878 apa sama ? Kalo beda apa yg harus saya ganti ya ?

      1. Blok silinder kawasaki ninja 150 itu sbnrnya gak bs di over size mas, tp kl mmg dipaksakan ya bisa. Yg penting ngeliner selongsong nya harus bagus dan rapet

    1. Ya belum mas, itu baru blok silindernya saja. Jd hrs beli Piston, ring piston, leces, pen piston, O ring baru. Biar mak nyus rasanya balik kyk baru lagi.

  7. mas saya punya ninja blok kiss kepengin diganti blok 1878 itu harus ubah apa aja ya ? mohon pencerahanya suhu.. makasihšŸ˜„

    1. Aduh kalau dari blok KIS ke blok 1878 modalnya agak banyak mas.
      1. Harus beli blok 1878.
      2. Head silinder/kop bisa pakai yang lama jika masih ori alias belum di papas.
      3. beli mekanisme SKIPS + batang yang disebelah kanan.
      4. Tutup segitiga kanan kiri blok silinder.
      5. Stroke / stang piston.
      6. Piston&ring piston.

    2. Oh iya satu lagi, packing head silinder/perpak. Seperti di foto artikel.
      Lagi pula blok 1878 harganya lebih mahal, mendingan 1855 saja mas

  8. Mau nanya gan.
    Klo tromol mio buatt ituu yg ngerubahh apa nya yaa .. ko punya anee posisi ban depan sama spakboar gk rata

    1. Kalau ganti velg jari-jari pakai tromol mio, ya nanti harus bikinkan braket kaliper rem cakram depan gan. Kebanyakan memang gak rata, coba diganjal ring sedikit supaya rata.
      Kalau mau gak ribet mendingan pakai tromol ninja, langsung PNP

    1. Itu ring piston kan ada 2 biji, dijejerin dulu. Yang lebih tipis posisinya di atas, yang agak tebal di bawah. Jangan sampai kebalik gan

  9. terima kasih info membantu, tapi klo setau saya pen 1878 itu 16, klo pen 1855 memang 15….

  10. Bang klo blok standar 1855 dganti piston sama yg ukurannya lebih gede bisa ga ya

    Kira2 efeknya apa ya
    Mohon pencerahannya..
    Maksih !

    1. Over size maksudnya? Ya bisa aja tapi harus me liner ulang, karena blok silinder Kawasaki Ninja 150 itu ada lapisan electro fusion nya, hanya bisa pakai piston ukuran A, B, C. Lebih dari itu harus OB (overbosh)

      1. Tapi blok standar piston jg standar
        Knp oblak ya
        Katanya harus ganti piston yg ukurannya lebih besar

  11. mas. sya punya ninja kips 2002 kode 1878 standar. klo gas turun kok bunyi mesinnya teerrr. gitu. knp y mas

  12. Mas mau tanya . Ninja saya rr 2011 ber mesin 1855.
    Blok bawaannya udh baret parah saya beli ke kawasaki ternyata salah paket,dikasih set 1878 blok seher pen laher bambu sama ringnya . Itu bisa di pakai ga ? Trima kasih

  13. Kalau ukuran piston lebih besar dari B untuk block slinder 1878 ada gak ya bang mohon bantuannya bang..

Leave a comment