Mengatasi Ninja 150 Overheat

image

Ninja150ssMengatasi Ninja 150 Overheat sebenarnya tidak sulit mas vroh, asalkan sampean tidak cuek terhadap motor anda. Jangan menunggu sampai Ninja 150 sampean overheat, karena overheat bisa menyebabkan seher ngejim, kalau sudah kejadian nanti baru bingung mencari cara mengatasinya.

image

Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi mesin motor cepat panas atau overheat, diantaranya adalah :

1. Trafic lalu lintas yang padat.
Jika tinggal di perkotaan tentu tidak asing dengan kemacetan, bahkan bisa sampai stuck alias gak gerak sama sekali. Tentu ini bikin jengkel, solusinya coba cari jalan yang tidak terlalu macet, tapi kalau tidak ada jalan lain ya sudah, harap bersabar saja 😀
Oiya apabila terkena macet jangan suka main kopling, mesin menggerung tapi jalan seperti siput menyebabkan suhu mesin cepat naik dan bisa mempengaruhi fungsi kopling atau clutch. Pakai kopling sewajarnya, jika stuck ya netralkan saja, lumayan tangan kiri bisa istirahat 🙂

image

2. Radiator yang kurang terawat.
Ninja 150 merupakan motor jadul yang radiator nya belum dilengkapi dengan kipas, maka owner ninja 150 harus memperhatikan komponen ini dengan ekstra yaitu menjaga kebersihan dari kotoran dan air radiator nya. Baik ketinggian maupun kualitas coolant, lakukanlah penggantian air radiator sesuai anjuran buku manual atau maksimal 6 bulan sekali, kalau jarang dipakai bolehlah 1 tahun baru diganti. Untuk caranya nguras nya sudah pernah saya tulis di cara menguras air radiator ninja 150.

image

ilustrasi kisi-kisi radiator

3. Oli mesin dan oli samping
Hal ini juga bisa mempengaruhi temperatur mesin, lakukanlah penggantian oli mesin sesuai buku manual atau maksimal 6 bulan sekali, koq lama betul? Karena oli mesin pada 2stroke tidak ikut naik ke head cylinder jadi tidak cepat gosong, bisa dibuktikan tapi kalau terlalu lama tidak diganti tentu khasiat oli akan jauh berkurang dari sebagaimana mestinya, silakan cek di oli untuk Kawasaki Ninja 150. Untuk oli samping jangan terlalu irit karena bisa menyebabkan mesin cepat panas dan dinding silinder bisa baret, terlalu boros juga kurang bagus karena pada saat dingin susah dihidupkan sebab busi nya bisa basah dan akan cepat menimbulkan tumpukan kerak, kalau kerak sudah menumpuk nanti super kips nyangkut. Kalau nyangkut harus dibersihkan, caranya? Ada di artikel cara mengatasi super kips macet. Merk oli samping apa yang bagus? Kalau itu sih sesuai selera masing-masing saja mas vroh, yang penting kualitasnya jangan abal-abal 😀

4. BBM
Kawasaki Ninja 150 merupakan motor dengan kompresi yang rendah, tipe SS / R kompresinya 1:6,8 dan tipe RR 1:7,2  dalam keadaan standar pabrikan kalau tidak salah ingat, maka sesuaikanlah jenis BBM nya kalau memakai ron yang terlalu tinggi malah bikin mesin cepat panas soalnya saya dan teman-teman sudah pernah mencoba sendiri, kecuali ninja sampean sudah maen porting atau di korek tentu kompresinya bisa jadi naik.

image

Coretan di atas dapat di terapkan pada tipe motor apapun yang sudah memakai radiator dengan sedikit penyesuaian tentunya, semoga bermanfaat.

Salam foging pistun teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul :mrgreen:

● alasan harga motor cross jepang, eropa, dan lokal berbeda

● bahaya memakai peninggi shock breaker

● kumpulan foto modifikasi kawasaki ninja 150

● Waspada begal merajalela lagi

● Recall produk sebagai bentuk tanggung jawab

● Hot.. bocoran part all new cbr250rr

● Yamaha Nmax akan mendapat lawan sepadan tahun depan dari AHM

● Wow livery motor matik ini keren

● keperkasaan honda yang sulit untuk ditandingi

● air radiator kawasaki ninja 150

● data aisi mei 2016 , yamaha harus segera berbenah

● Cara inrayen sepeda motor baru yang benar

● review pemakaian oli sesat selama ini

● tips jepret spyshoot di jalan dan ridernya tidak terima

● air radiator ninja 150

● kelemahan ninja 150

● kelebihan kawasaki ninja 150

● kekurangan ninja 150

● mengatasi super kips macet

● oli untuk kawasaki ninja 150

● Review Knalpot KDX Exhaust Concept

● Kegunaan kiprok pada motor

Advertisements

12 thoughts on “Mengatasi Ninja 150 Overheat

  1. Pingback: Pertanyaan Pembaca, Memilih Kendaraan Untuk Operasional Harian | Ninja150ss

  2. Pingback: Fanatik Merk Itu Tidak Baik Loh…!! | Ninja150ss

  3. Pingback: Knalpot Untuk Ninja 150 | Ninja150ss

  4. Pingback: Review Knalpot KDX Exhaust Concept | Ninja150ss

  5. Pingback: Perbedaan Blok Silinder 1878 Dengan 1855 Pada Ninja 150 | Ninja150ss

  6. Pingback: Review Lampu LED Philips Tyto Karnavian | Ninja150ss

  7. Pingback: Kegunaan Kiprok Pada Motor | Ninja150ss

  8. Pingback: Ciri Liner Blok Silinder Kawasaki Ninja 150 Yang Masih Baik dan Tidak | Ninja150ss

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s