Pertanyaan Pembaca, Memilih Kendaraan Untuk Operasional Harian

 Ninja150ss – Hai mas vroh… Warung papan triplex ini mendapat pertanyaan dari pembaca lagi lewat inbox fb, maaf agak lama menjawabnya karena baru sempet bikin tulisan lagi πŸ˜€

Mas bro faiz ingin ganti kuda besi tapi masih galau, beliau sebenarnya pengen ninja 150ss tapi masih ragu karena ada 2 pertanyaan yang mengganjal, saya akan coba membantu jawab semaksimal mungkin dari apa yang saya tau.

1. Dengan mobilitas sekitar 40-60km/hari dan seminggu sekali pulang kampung dengan jarak +/- 200km, apakah mesin 2tak akan awet?

Untuk masalah keawetan tentu saya berani bilang “awet” kenapa? Karena material kawasaki ninja 150 saya nilai lebih bagus daripada motor 150cc yang beredar saat ini. Semua motor kalau dirawat dengan benar tentu tidak akan bermasalah, asalkan tidak mempunyai penyakit bawaan dari sono nya πŸ˜†

Kalau motor 4tak yang penting jangan sampai telat ganti oli mesin, dengan jarak tempuh yang cukup lumayan setiap hari nya usahakan melakukan cek oli mesin seminggu sekali, siapa tau volume nya berkurang karena menguap dan lakukan ganti oli mesin maksimal 1000-1500km supaya kondisi mesin tetap terjaga. Untuk motor 2tak tentu yang diperhatikan adalah oli samping, apalagi kalau knalpotnya sudah diganti dengan knalpot aftermarket, perlu dilakukan setting ulang olsam dan karbu supaya mesin tetap mendapatkan asupan yang ideal, kalau tidak? Mesin akan cepat panas dan bisa merusak piston, ring piston serta dinding silinder.

Dengan jarak yang harus dilalui setiap hari dan minggu nya, saya rasa pilihan yang lebih tepat adalah motor 4tak batangan dengan riding position yang tidak terlalu sporty, kenapa? Secara akumulasi jika dibandingkan dari segi cost operasional nya akan jauh lebih hemat dan tidak akan cepat capek kalau dibandingkan dengan kawasaki ninja 150. Tapi kalau sudah siap dengan cost yang harus dikeluarkan tiap bulan nya, ya silakan.

Kawasaki ninja 150 saat ini tidak rekomen untuk harian karena jalanan sekarang identik dengan kemacetan, badan akan cepat capek sebab posisi riding yang lebih membungkuk, konsumsi bbm lebih boros dari motor 4tak, apalagi kalau katup superkips kotor, dijamin bakal nyangkut dan larinya kurang enak. Kalau dibandingkan dengan motor 4tak, kawasaki ninja 150 lebih memerlukan perawatan ekstra. Kawasaki ninja 150 sebenarnya sudah masuk keranah motor hobi.

Lha terus pemilik warung ini kenapa melihara foging pistun? Ya karena saya suka 😎 . Apakah buat harian motornya? Enggak. Mobilitas harian pakai motor apa? Motor 4tak, bletak duor untuk jarak dekat kalau jarak jauh saat ini ada pinjaman neng Verza :lol:. Fbh donk? Serah ape kate lu deh, orang adanya itu koq. Kenapa gak merk lain? Kalau disumbang juga boleh :D. Huuu…dasar kamvret! Sak senengmu lah mau ngatain apa juga πŸ˜›

2. Kalau pilihan jatuh ke kawasaki ninja 150 2nd, apakah yang harus diperhatikan supaya dapat mesin yang jos? 

Saran saya jika mau membeli motor 2nd hal yang paling utama adalah sabar alias jangan terburu-buru, kedua yaitu teliti. Siapkan dana nya terlebih dahulu, kalau tidak terpaksa ambil ke dealer motkas lebih baik beli dari pemakai langsung, pasti ada selisih harga asalkan pandai menawar. Sebelum menawar alangkah baiknya melakukan cek surat kelengkapan dan kondisi motor.

Pengen mesin yang masih jos? Carilah motor yang umurnya masih muda, tapi harganya pasti masih tinggi, mengingat kawasaki ninja 150 sudah discontinue alias tidak diproduksi lagi. Meskipun muda tetap harus di cek terutama baut di head nya, kalau belum pernah dibuka tentu kondisi baut nya seperti foto diatas. Kemudian cek suara mesin, konsentrasi untuk mendengarkan suara mesin ya! karena ninja 150 yang lebih berisik adalah knalpotnya πŸ˜€ suara mesin 2tak tidak sehalus mesin 4tak, agak kasar. Asal tidak ada suara klok…klok…klok…yang kenceng berarti masih bagus, kalau ada suara tsb ya mending jangan, ada yang gak beres tuh.

Kedua cek karburator nya, pastikan dapat yang ori (ninja ss/r memakai karbu keihin PWL 26) karena tidak menutup kemungkinan owner lama mengganti karbunya supaya larinya lebih nyooss (sukur-sukur dikasi dobel πŸ™‚ )

Ketiga cek body motor, lalu dicoba jalan sebentar, kalau bekas jatuh pasti rasanya beda, kurang center atau aneh. Masalah baret-baret dapat ditoleransi asalkan mesin masih orisinil.

Wah tulisan saya sudah sangat panjang nih mas bro, yang baca pasti capek. Kalau lokasi sampean di dekat saya, pasti dengan senang hati bisa saya bantu sambil ngopi dan ngobrol.

Semoga bermanfaat.

 

Slogan owner ninja 2stroke freaks πŸ˜€

Salam foging pistun teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul :mrgreen:

● air radiator kawasaki ninja 150

● Cara inrayen sepeda motor baru yang benar

● review pemakaian oli sesat selama ini

● air radiator ninja 150

● kelemahan ninja 150

● kelebihan kawasaki ninja 150

● kekurangan ninja 150

● mengatasi super kips macet

● oli untuk kawasaki ninja 150

● Mengatasi ninja 150 overheat

Advertisements

12 Replies to “Pertanyaan Pembaca, Memilih Kendaraan Untuk Operasional Harian”

  1. mas punya saya sudah d opersis/korek, trus bunyi mesinya klok.. klok.. klok gara-gara d oporsis/korek,apa itu ngga apa-apa mas buat jlan jauh?.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s