Jangan Sampai Motor Anda Seperti Ini

Ninja150ss – Waktu lagi jalan-jalan di dumay eh ada yang rame, karena saya penasaran ikutan nimbrung dan setelah liat masalahnya bener-bener 😯 motor koq bisa kayak gitu sob?
Ada apa sih sebenarnya? Mari kita lihat

image
Baretnya dalem 😯

Melihat foto diatas pasti langsung heran, lha koq bisa? Menurut gosip yang beredar owner nya menyalahkan oli yang dia pakai, tapi beberapa orang yang ikutan nimbrung langsung tidak percaya, ada yang mau nyamperin, ada yang cuma komen, karena ada yang aneh dan kebetulan karena ada yang kenal sama owner nya plus tau sejarah motornya lalu sedikit menceritakan, entah yang bener mana saya juga kurang tau. Saya gak akan bahas itu di sini, bakal gak selesai ntar 😆

Yang jadi perhatian saya, kenapa silinder motornya bisa baret sangat dalem? Bukanya  diasil cylinder itu lebih kuat daripada cylinder konvensional? Katanya sih kecewa gara-gara pakai oli sesat PFD, tapi karena ada saksi yang bilang karena motornya sudah mengalami upgrade yang signifikan ya kontra juga. Nih ada buktinya, cekicrot :

image
Saksi yg blg

Kalau boleh menanggapi kasus diatas sih ya ada beberapa faktor yang menyebabkan kerusakan seperti itu, kalau motor dalam keadaan standar saya rasa rusaknya gak se ekstrim itu walaupun pakai oli yang tidak cocok,
1. Mungkin ada kebocoran sehingga volume oli berkurang drastis / oli nya kurang dan menyebabkan kurangnya pelumasan ke mesin.
2. Kesalahan mekanik saat memasang kembali part yang sudah dibongkar karena tidak presisi (gosipnya kan motor sudah di upgrade, entah apanya tapi bisa dipastikan dapur pacu nya) 😆
3. Memakai oli yang spesifikasinya tidak sesuai atau dibawah seharusnya (motor sudah di upgrade)
4. Pemakainya suka memaksa motor melebihi kemampuannya alias disiksa :mrgreen:
Mungkin ada yang bisa menambahi lagi?

Saya ingatkan mas vroh, jika motor yang Anda beli untuk aktifitas harian, ya jangan upgrade terlalu eksrim, kalau misal menginginkan motor performanya tinggi ya belilah motor yang dari sononya sesuai keinginan Anda. Kan biar kenceng vroh? Emang dengan cc segitu bisa seberapa kenceng sih? Ok bisalah kalau memang mau mengoptimalkan sampai 100% kemampuan motor tersebut tetapi ingat nih apa materialnya kuat?

Jangan ndagel atau guyon mas vroh, bukanya saya sok tau ya, motor-motor yang beredar sudah diperhitungkan sedemikian rupa oleh insinyur ATPM sesuai dengan harganya untuk pemakaian harian, dengan range harga segitu masa ya mau minta material kualitas wahid? Itulah kenapa kalau garansi resmi itu ada syaratnya, kalau diubah sendiri (diupgrade) atau melanggar ya hangus garansinya, lha wong sudah diperhitungkan kemampuannya koq karena jika digunakan harian pasti akan ada part yang rusak, kalau rusak ya tanggung sendiri 😀

Jadi rawatlah motor Anda, kalau tidak mau pusing karena harus mengganti salah satu atau salah banyak komponen part nya. Kalau mau di upgrade ya harus siap dengan segala resikonya, jangan nyalahin benda mati, benda mati yang menggerakkan juga manusianya.

Yang salah siapa coba?

Salam foging pistun teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul. :mrgreen:

Advertisements

28 Replies to “Jangan Sampai Motor Anda Seperti Ini”

  1. seperti pengalaman ane ,,itu bisa terjadi karena motor kompresi tinggi di kasih minum premium,trus motor di beset abis abisan dan ahirnya terjadilah cnoking kipas radiator gak jalan dan ahirnya mesin over heat stang sehernya bengkok ahirnya posisi seher jadi miringya trus begitulah ,,jboll.

  2. Ada 3 hal yg masuk ke ruang pembakaran, bensin, oli, dan oksigen.
    Kalo bensin Kotor, di mesin injeksi pasti mampet injector nya sblm kotoran sampe ruang bakar. Kalo oli, ada filter oli yg nyaring kotoran sblm masuk ruang bakar. Kemungkinan dari filter udara yg kdng dilepas pas servis. Mesin gak boleh dinyalain pas filter dilepas, krn resikonya kotoran langsung masuk ke ruang bakar.
    Kemungkinan terakhir adalah ketika bongkar mesin, mekaniknya jorok, gak bersihin sisa paking atau ngga ganti seal2. Main pasang aja. Akibatnya kotoran nya berenang di sekitar ruang bakar dan mbareti dinding silinder

  3. Kalo ane liat perhatikan baik baik silindernya. Yupss itu sudah ada linernya. yang berarti itu bukan murni diasil silinder. Tapi diasil silinder yang sudah di bore up kemudian dikasih liner kayak silinder biasa. yaa jadi jangan heran itu sudah bukan murni diasil silinder dan tentu ccnya sudah bengkak. karena kalo sudah di bore up katanya diasil silinder memang ga bisa di poles jadi halus karena saking keransnya (katanya sih) makannya harus dikasih liner yang tentu kualitasnya dibawah diasil.
    ngomong ngomong diasil silinder kalo anda orang yang punya hoki gede hahahaha sampe oli kering pun itu silender ga bakal baret. kayak kasus mio J di blog sebelah sampe oli kering piston gosong, ringpiston lengket dan katupnya juga gosong. diasil silindernya masih kinclong tanpa baret!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s