Knalpot Ninja 150

Ninja150ss – Hai mas vroh sekalian,,saya ingin share aja knalpot ninja 150 karena lama gak update lagi, mari kita bahas seberapa penting knalpot ninja 150.

Knalpot fungsinya memang sebagai pipa gas buang dari pembakaran di mesin, selain bisa menambah penampilan, knalpot juga berpengaruh terhadap performa motor kita. Memang gak terlalu banyak, tapi lumayan lah, apalagi knalot aftermarket untuk 2stroke, menurut saya berada diurutan teratas, lebih penting daripada modif velg, ban ,cdi, karbu, membran, dll. Karena 2stroke itu ciri khasnya di suara. :mrgreen:

Foging pistun sudah saya ganti knalpotnya dengan merk r9, maap bukan bermaksud promosi karena waktu itu hunting eh kebetulan dapatnya itu, pemilik yang lama mau lego motornya dan knalpotnya dijual, yaudah setelah melalui nego yang alot dilepas juga sama empunya dengan sparuh harga barunya, yah lumayan lah baru dipake 3bulan, beli baru juga mahal jeh 😆

Dari segi tampilan cukup menarik karena bahanya stainless steel, beratnya juga separuh dari knalpot standar bawaan. Kali ini saya tidak bahas macam2 knalpot tapi hal yang mempengaruhi suaranya. 2stroke kalau tidak nyaring ya gak sedep mas bro…apalagi kalau cempreng, hadeuh bisa dilempar panci sama tetangga kalau nyalain malam hari atau pagi hari 😆

1. Kalau bentuk knalpot sampean dah berubah, misal perut knalpotnya penyok karena gasruk, haduh pasti juga ngaruh jadi jelek suaranya.

2. Gasket knalpot, ini yang kadang kurang diperhatikan, kalau sudah lama dan suka digeber jangan lupa ngecek, kalau suara knalpot gak bisa penuh biasanya ada kebocoran, indikasinya gampang, misal ada oli yang meler dari head silinder diantara ujung leher knalpot bisa dipastikan gasketnya dah minta ganti. Yang meler itu bukan oli mesin sih tapi sisa pembakaran yang gak masuk sepenuhnya ke lubang knalpot.

3.Glasswool atau kadang ada yang nyebut gasbul, peredam suara yang ada di silincer knalpot Anda, baik 2stroke atau 4stroke pasti ada, kalau gak ada bisa gak karuan bunyinya, yah kayak motor anak alay 4tak yang pake knalpot abal abal bin karatan kitu 😀

Kalau suara knalpot 2stroke sampean udah gak karuan, gak enak, brisik, cempreng segeralah cek kondisi diatas, dari suara sudah bisa dianalisa. Kalau saya cuma ganti glasswool nya karena dipastikan fungsinya sudah jauh menurun. Memang gak mudah untuk menggantinya, apalagi dah pakai knalpot aftermarket karena di silincernya dipaku rivet. Sebenernya gak ribet juga, asalkan nemu toko spesialis knalpot 2stroke, bisa dipastikan juga menyediakan jasa ganti glasswool.

Kalau gak ahli atau peralatannya gak komplit, bisa ampe basah kuyup kringetan untuk melepas paku rivet nya. Alhamdulillah di purwakarta kemarin saya nemu tempatnya, atas saran dari teman kerja yang kebetulan 2stroke lovers juga :mrgreen:
Awalnya agak ragu, lah gak ada tulisan terima ganti glasswool, tapi setelah mendekat dan bertanya ternyata bisa. Ok foging pistun langsung digelandang kebelakang toko kecil tsb, saya nanya dulu harganya berapa? Dijawab mas nya “20rb aja”
😯 weh murah euy.. Yaudah mas, tolong diganti ya!

Awalnya saya ngira bakal lama, eh cuma dilepas silincernya, pake bor dengan mata yang kecil untuk melepas paku rivet nya dan langsung kebuka. 🙄
Dikasi liat, nih mas kalau glaswool bawaan tuh kayak gini, kalau sudah lama kayak kain yang ketumpuk2 jadi fungsinya menurun, mana item dah gosong lagi.

image
Wes gk karuan bentuke 😆

Pantes aja suaranya dah gak karuan berisik minta ampun, larinya kurang enak 😆
Setelah dilepas dan diganti baru, masangnya juga cepet euy, karena memang dah ada alatnya, cklek…cklek…cklek…paku rivet yang baru dipasang lagi, setelah bayar, saya coba nyalain.
Cring…cring…cring…lagi seperti baru,, wuiihhh bener nyaring dan adem. Di jalan coba ditarik juga kerasa enaknya 😀

Jadi saya sarankan jika knalpot sampean dah gak enak bunyinya, cempreng, brisik, cobalah dicek dulu, atau langsung ganti glasswool nya apabila sudah 1 tahun dijamin juoozz lagi. Oiya kalau di daerah purwakarta lokasi toko ini kalau dari arah cikampek sebelum lampu merah perempatan sadang kiri jalan, kalau dari arah purwakarta setelah perempatan lampu merah kanan jalan. Rekomended deh,,garapanya alus, harganya miring. :mrgreen:

Salam foging pistun teknologi jadul bin ngebul tapi tidak ngibul :mrgreen:

Advertisements

16 Replies to “Knalpot Ninja 150”

  1. 4 stroke ga terlalu beda power nya . tapi suara jelas keliatan . bug bug sama kleng kleng 😀 wkkwkw , pokok nya yang kayak kaleng pasti glass wool abes . bisa sih cara di ketok didengerin suaranya . glasswool pasti nempel di depan pangkal yak .pangkal muffler

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s